Program S1 Kuliah Karyawan Berijazah Resmi

kuliah kelas karyawan, kelas karyawan, kuliah ekstensi

Apakah anda karyawan? bekerja full-time atau part-time? Anda tetap memiliki peluang kuliah s1 dan menjadi sarjana, bergelar dan berijazah secara legal dan resmi. Ambil Program kuliah Kelas karyawan adalah solusi tepat dan cepat menjadi sarjana s1 s2 atau s3 di Universitas terbaik di Indonesia.

Bekerja dan Kuliah Karyawan

Bekerja itu penting. Kuliah juga penting. Bekerja adalah bentuk kongkrit optimistis diri dan proses pencapaian harapan dan impian yang dicita-citakan. Untuk mendukung percepatan pencapaian itu dibutuhkan faktor pendukung dalam bentuk; ilmu yang berdasar, pengetahuan, wawasan dan keahlian tertentu yang relevan dengan pekerjaan anda.

Kuliah Kelas karyawan adalah solusinya. Program kuliah karyawan muncul saat kebutuhan aspek keilmuan dan keahlian semakin mendesak dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berdasar pada latar belakang pendidikan yang layak dan relevan. Untuk itulah, dirancang sebuah sistem perkuliahan yang para mahasiswanya berasal dari profesional dan karyawan di perusahaan-perusahaan/lembaga di Indonesia.

Dalam mengikuti perkuliahan disaat anda menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan memang tidaklah mudah. Kasus yang kami dapati adalah kesulitan di dalam membagi waktu antara kuliah dan kerja. Bahkan, ada mitos beredar di masyarakat yang mengatakan bahwa salah satu keduanya mesti ada yang kalah. Dalam arti, kerja sambil kuliah atau kuliah sambil kerja, kedua-duanya tidak bisa sukses secara bersamaan.

Program Kelas Karyawan di Universitas-universitas di Indonesia

Tidak semua universitas-universitas di indonesia yang membuka pendaftaran kelas karyawan. Selain faktor akreditasi jurusan yang dibuka, kesiapan fasilitas dan prasarana jelas harus mendukung program kuliah karyawan ini.

Universitas terbuka, misalnya, membuka kelas karyawan, dimana para mahasiswa belajar mandiri di rumah atau di kesempatan yang ada. Belajar lebih fleksibel dan umumnya dapat memisahkan waktu belajar dan bekerja.

Selain itu, universitas-universitas ternama lain juga membuka kelas karyawan ini. Seperti; universitas indonesia (UI), universitas gajah mada (UGM), universitas trisakti, universitas binus, widyatama, baik di kota-kota bandung, jakarta, surabaya maupun jogja.

Definisi, Keuntungan dan Hambatan

Program Kuliah Kelas Karyawan adalah program sarjana, legal, berijazah resmi yang diperuntukkan untuk pekerja dan profesional yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi; s1 s2 atau s3.

Banyak universitas dan akademi yang menyelenggarakan program kuliah ini dengan berbagai bentuk dan jenis program seperti program:

  • Program Kuliah Terbuka
    yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka.
  • Program Kuliah Online
  • Program Kuliah Ekstensi

Ketiga jenis program tersebut memang ditujukan khusus untuk karyawan yang sedang bekerja tapi memiliki peluang melanjutkan kuliah, wisuda, bergelar dan berijazah resmi layaknya perkuliahan konvensional.

Peluang Pengembangan Karir Melalui Kuliah Sambil Bekerja

Kuliah hakikatnya adalah proses pembelajaran, pendalaman dan penguasaan ilmu pengetahuan tertentu khususnya menguasai skill dan keahlian. Dengan kuliah kelas karyawan, ilmu pengetahuan yang awalnya hanya kecil akan menjadi besar dan lebih berkembang.

Karyawan yang berlatarpendidikan SMA jelas berbeda dengan karyawan lulusan Diploma atau S1. Dari sisi keilmuan dan keahlian jelas berbeda. Itulah kenapa, di dunia kerja, tamatan SMA menduduki posisi/jabatan yang lebih rendah ketimbang yang lulusan Diploma atau Strata. Ini masalah sumber daya manusia yang berimbas pada sumber daya perusahaan (goodwill).

Konsep jabatan pekerjaan tersebut terletak pada seberapa tinggi tingkat keilmuan dan keahliannya. Semakin tinggi ilmu pengetahuan dan skill seseorang, semakin tinggi juga kedudukan dan jabatannya. Akan tetapi, lulusan Diploma atau S1 tidak sekedar lulus, tapi juga benar-benar menguasai dan paham secara jelas aspek keilmuan dan keahliannya agar dapat secara nyata digunakan dalam dunia kerja.

Program kuliah kelas karyawan merupakan solusi yang memungkinkan untuk pencapaian keduanya secara berimbang.

Hambatan & Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Beberapa kasus ditemukan bahwa tidak semua pekerja secara sukses dan gemilang yang mengikuti program kuliah kelas karyawan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu;

  • Salah dalam mengambil program studi
  • Tidak bisa membagi waktu (manajemen waktu)
  • Munculnya masalah baru.

Salah dalam mengambil program studi merupakan hal yang fatal dan jarang terjadi. Kondisi internal pekerja saat itu jelas tidak memungkinkan baginya menentukan jurusan kuliah yang harus diambilnya. Adanya gesekan diluar dirinya membuatnya mengambil program studi dan jurusan yang tidak sesuai dengan kapasitas ilmu dan skillnya.

Selain itu, banyak diantara mahasiswa yang berstatus karyawan tidak bisa membagi waktu antara; kuliah, kerja, bermasyarakat dan beragama. Sehingga 4 hal tersebut tidak seimbang. Kita yakin, tidak ada yang sempurna sukses secara nyata. Akan tetapi, setidak-tidaknya kita bisa meraih 4 kesuksesan tersebut dengan rata-rata 60% keatas.

Seiring dengan perjalanan proses kuliah dan pekerjaan, sering kali menemui masalah baru yang muncul kepermukaan sehingga mementahkan konsentrasi kuliah dan kerja. Masalah baru itu bisa berupa masalah internal (keluarga), pergaulan (sosial eksternal), keyakinan (reliji) dan tidak sedikit pula dalam hal keuangan (finansial).

Tips Sukses Kuliah Kelas Karyawan

Bermula dari keyakinan mencapai kesuksesan dalam banyak hal, adalah penting meletakkan kemampuan diri dan kondisi eksternal yang ikut mempengaruhi kondisi jiwa dan fisik kita.

Cita-cita adalah impian yang diharapan terjadi di masa yang akan datang. Konsepsi cita-cita yang diwujudkan dalam bentuk keyakinan yang tinggi dan kerja keras akan mengurangi tekanan negatif yang akan menghambat proses pencapaian cita-cita.

Untuk meraih itu, adalah penting untuk meletakkan segala sesuatu pada posisinya. Dan, membagi mana hal-hal yang penting, lebih penting dan paling penting. Dengan memilah-milah unsur “penting” dari suatu aktivitas akan memungkinkan bagi kita untuk mengukur kapasitas diri dan membuat barometer kesuksesan aktivitas tersebut.

2 Unsur Pencapaian Kesuksesan Seorang Karyawan

Bekerja, menuntut ilmu (baca: kuliah) adalah aspek fundamental setelah berkeyakinan dan sosial. Artinya, kedua unsur diawal tersebut juga merupakan hal penting yang harus dicapai selain keyakinan dan sosial.

Bekerja dan kuliah juga bertujuan agar aktivitas dalam beragama dan sosial dapat lancar dan mendukung satu sama lain, walaupun secara mendasar berbeda unsur dan aktivitasnya.

,Sekali lagi, Program kuliah kelas karyawan merupakan solusi yang memungkinkan untuk pencapaian keduanya secara berimbang.

Kedua unsur kesuksesan dalam kaitannya; kerja sambil kuliah adalah sebagai berikut:

  • Disiplin Diri, dan
  • Tertib.

Sebagai seseorang yang berstatus sebagai karyawan, hal pokok yang harus ada dalam diri adalah: Kedisiplinan dan Ketertiban. Disiplin dalam arti, fokus pada apa yang dijalani dan berkomitmen menjalankannya dengan baik dan benar sesuai ketetapan awal. Tertib (ketertiban) adalah bentuk komitmen yang diwujudkan dalam bentuk urutan secara sistematis sehingga proses pencapaian akan sesuatu menjadi jelas dan terang.

Untuk itu, seorang karyawan swasta / pegawai pemerintah sudah selayaknya berdisiplin dalam waktu dan tugas. Sehingga ketepatan setiap aktivitas akan dapat terkendali dengan baik. Dengan menambah aktivitas baru berupa kuliah, seorang karyawan harus mampu membagi waktu antara kerja dan belajar secara berimbang dengan dan berdisiplin diantara keduanya.

Hubungi segera Konsultan Pendidikan Terpercaya kami untuk berkonsultasi dan informasi lengkap mengenai program kuliah khusus karyawan ini di nomor: 087756800001 (WA/Call) .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *